Friday, November 25, 2011

Setan-setan Lokal Indonesia

Kali ini  postingan blog saya akan membahas tentang setan-setan lokal Indonesia. Indonesia bukan hanya terkenal akan keanekargaman hayati nya, suku bangsa dan bahasa terbanyak di dunia, salah satu negara kepulauan terbesar dan pemandangan alam yang eksotis. Namun, Indonesia juga kaya akan "SETAN-SETAN" nya. Nggak percaya..?. Coba deh kamu pikir, ada berapa film horor dengan berbagai jenis setan yang bercap "MADE IN INDONESIA". Mulai dari jenis yang standar sampai jenis yang memenuhi Standar Persetanan Indonesia (semacam SNI gitulah..)....
Kita mulai bahas dari beberapa Setan Lokal yang sudah cukup merajalela di dunia persetanan Indonesia
           POCONG
Sosok setan yang kayak bantal guling dengan sarung bantal putih ini sering banget buat dijadiin judul film. Entah itu yang masih perawan lah, yang udah dipakeen kafan lah, atau malah yang NGESOT. Hallloowww…kapan sejarahnya pocong ngesot??. Harga diri setan yang satu ini bakal kebanting kalau dia dihina dengan dikatakan dia ngesot. Pocong sangat bangga dengan jati diri nya harus berlompat-lompat ria kemanapun dia pergi. Tapi sekarang Pocong nggak seseram dulu. Buktinya sekarang Pocong udah ada yang main twiter, facebook bahkan ngeblog. Two Thumbs Up buat POCONNG..hehehehe..
    
KUNTILANAK
Setan yang satu ini katanya adalah sosok dari arwah perempuan yang meninggal dunia dengan tidak wajar, misalnya dibunuh (saya rasa wajar-wajar aja orang dibunuh terus mati, namanya juga takdir) atau justru bunuh diri karena misalnya diperkosa atau ditinggal mati suaminya yang terlilit hutang terus akhirnya diperkosa ama lintah darat tersebut dan akhirnya dia merasa hina terus bunuh diri (atau ada yang mau ngasih alasan lainnya kenapa sampai dia bunuh diri…??). Kemudian arwahnya akan menuntut balas. Tapi taukah kamu bahwa KUNTILANAK adalah SETAN YANG PALING CERIA. Apapun, dimanapun, kapanpun ia akan selalu TERTAWA. Tertawa saudara-saudari..... Dia bahkan udah lupa kali ya kenapa dia bisa jadi arwah penasaran. Saya jadi penasaran ama makna dari “arwah penasaran”. Penasaran apa lagi sih…?. Mode terbaru, baju-baju terbaru, artis mana yang kawin cerai lagi atau Angelina Jolie kalo ntar meninggal dunia bakalan jadi KUNTILANAK dengan BIBIR TERSEKSI nggak ya…??

     SUNDEL BOLONG
Saya belum mengerti sepenuhnya setan yang satu ini (kalau saya mengerti bakalan banyak setan yang minta saran dari saya…amit..amit..amit). Kenapa ia dikatakann sundel bolong. Oke, setan yang satu ini emang bolong punggungnya, tapi kenapa depannya dikasih “SUNDEL”?. Apa dia perempuan yang nggak bener terus meninggal dunia dengan tidak wajar?. Dan kenapa punggungnya mesti bolong. Siapa sih yang segitu teganya ngebolongin punggungnya?. Terus katanya setan yang satu ini doyan makan anak-anak kecil (bayi). Apa enaknya makan bayi?. Masih kecil gitu, dagingnya belum banyak. Porsi nya suka yang kecil mungkin ya.
    
Tuyul
     Setan botak satu ini katanya doyan banget nyuri duit. Pertanyaan saya adalah “Emang itu duit buat apaan?. Mata uang setan ama manusia emang sama?. Mau beli Blacberry pake duit tuh, biar bisa BBMan ma setan yang lain.” Ama sapa? Ama pocong?. Udah jelas pocong tangannya diiket, mana bisa make BB. Kunti, dia mah sibuk HAHAHIHI, kagak bakal dipeduliin yang ngajakin BBMan. Sundel bolong, setan yang satu ini lagi sibuk milih-milih bayi yang layak santap. Jadi sebenarnya tuyul ni ngambil duit manusia buat apaa sih?.
    
Genderuwo
Apa bedanya genderuwo ama grandong?......wkwkwkwkwkwkwk…saya bener buta soal setan yang satu ini. Yang saya tau wujudnya jelek, dengan rambut kusur awut-awutan, badanya gede, terus bertaring (eh, bener nggak sih gini?).

         
Anyway, itulah sekilas setan-setan lokal Indonesia. Beberapa diantaranya sering diangkat menjadi sebuah film layar lebar yang justru pemain-pemain make baju “nggak lebar sama sekali”. Yaa…walaupun tema cerita yang diangkat itu-itu saja (HOROR MESUM-MESUM RIA) tapi tetap banyak yang berminat. Entah ngandalin bintang film lokal maupun international, film dengan gendre absurd seperti ini justru laris manis di pasaran.
          By the way, cukup sekian tulisan saya tentang setan-setan lokalnya Indonesia. Jangan berharap saya bakal nulis tentang setan-setan “luar”. Jenis nya cuma dikit udah gitu nggak nyeremin malah kebalikanya ganteng-ganteng (Edward Cullen si Vampir Tampan dan Jacob Black si Werewolf yang bodynya aduhaaiiii…..^_^).

No comments:

Post a Comment